Informasi PSB

Login

Who's Online

We have 133 guests and no members online

Pesan

Photo Acak

Visitors Counter

1437192
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
4831
9932
33681
1332492
285013
295406

Your IP: 155.94.129.206
Home Profil Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

A. Latar Belakang

Kemajuan teknologi khususnya dunia pendidikan dewasa ini memungkinkan setiap kejadian segera tersebar ke seluruh dunia. Hal ini membawa dampak perubahan yang sangat cepat kepada sendi-sendi kehidupan manusia, sehingga melahirkan persaingan global antar bangsa. Persaingan ketat yang tidak diiringi dengan sikap tanggap membuat kita tertinggal dari bangsa lain yang lebih maju.

Bangsa Indonesia dalam memacu diri agar tidak tertinggal dari bangsa lain yang lebih maju harus sadar dan berbuat betapa pentingnya membangun sumberdaya manusia yang siap pakai. Karena hanya bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang tangguh dan siap pakai yang akan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Ketangguhan sumber daya manusia yang diinginkan bukan semata-mata dari segi ilmu pengetahuan dan teknologinya saja, tetapi dari semangat kerja yang tinggi dan kesadaran moral yang kukuh, melalui pemantapan kehidupan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pendidikan yang kuat merupakan suatu proses yang terus menerus yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pendidikan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab perorangan dan masyarakat. Apalagi melihat kondisi Bangsa Indonesia yang masih belum maju (sedang berkembang) sangat membutuhkan peran aktif warganya dalam pembangunan di segala bidang.

Masyarakat Mamuju dan Sul-Bar sebagian besar mata pencariannnya adalah di bidang pertanian (sebagai buruh tani, maupun petani penggarap) dan nelayan sehingga dapat dikatakan keadaan sosial ekonominya pada posisi menengah ke bawah. Keadaan ekonomi masyarakat seperti di atas menyebabkan banyak anggota masyarakat di Mamuju dan sekitarnya hanya mampu mengenyam pendidikan sampai SLTP, karena mereka tidak mampu membiayai sampai tingkat SLTA. Padahal jika hanya mengandalkan ijazah SMP/MTs, mereka belum memperoleh bekal kecakapan hidup yang cukup.

Oleh karena itu Yayasan Punggawa Malolo pada tahun 2012 ini mendirikan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo dengan Tujuan Utama Menyelenggaran Pendidikan Bermutu di Bidang Geologi Pertambangan Dengan Biaya Terjangkau. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara pemilihan program keahlian awal yaitu Geologi dan Pertambangan sebagai basis utama pendidikan dan didampingi program keahlian dasar lainnya. Pada program keahlian Geologi Pertambangan selain menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran juga bertugas untuk menyelenggarakan kegiatan unit usaha dan hasilnya digunakan untuk membantu biaya operasional sekolah.

Guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat akan kebutuhan sarana pendidikan yang selaras dengan akselarasi pembangunan khususnya bidang pendidikan kejuruan di Kabupaten Mamuju maka SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo dengan bidang keahlian Geologi dan Pertambangan membutuhkan Gedung, Ruang Kelas serta sarana penunjang yang layak.

Namun karena keterbatasan dana hasil Swadaya Pendiri Yayasan Punggawa Malolo dan Masyarakat, menyebabkan penyiapan lahan dan pembangunan gedung sekolah masih dalam tahap perencanaan dan belum dapat diselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini, kami selaku Pengurus Pembangunan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, lembaga pemerintah dan swasta yang terkait untuk ikut andil dalam kegiatan pembangunan SMK Geologi Pertambangan. Selain membantu program pemerintah juga merupakan "Tabungan" untuk bekal kita di hari akhir kelak. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Amiin ya robbal alamin.

B. Tujuan dan Sarana


Tujuan dari pembangunan SMK Unit Sekolah Baru ini adalah :

  1. Menyiapakan Lokasi, Gedung dan Ruang Kelas yang nyaman bagi proses belajar mengajar di SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo.
  2. Memenuhi standar minimal dalam mewujudkan pelayan prima di SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo.

C. Rencana Pembangunan


Proses penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo menganut sistem kurikulum pendidikan kejuruan terbaru yaitu sistem yang berbasis kompetensi yang terdiri dari teori 30% dan praktek 70% serta menerapkan sistem semester.  Penerapan Sistem Kegiatan Belajar Mengajar yang menitikberatkan pada keahlian dibidang geologi dan pertambangan dengan melakukan praktek di laboratorium maupun di lapangan (Learning by Doing) yang bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta (perusahaan) di Provinsi Sulawesi barat.

Dengan demikian sebuah sekolah membutuhkan perencanaan pembangunan yang terarah agar sekolah tersebut layak ditempati sebagai sarana belajar mengajar yang memadai, nyaman sehingga penerapan ilmu yang disampaikan oleh pengajar dapat diserap dengan baik oleh siswanya Oleh karena itu, layaknya sebuah sekolah pada umumnya maka untuk tahap awal kami merencanakan pembangunan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo sebagai berikut :

  • 1 (Satu) Gedung Kantor
  • 6 (Enam) Ruang Kelas Belajar 
  • 3 (Tiga) Ruang Laboratorium
  • 1 (satu) Ruang Perpustakaan
  • 1 (Satu) Mushollah 
  • 1 (Satu) Aula
  • 1 (Satu) Kantin
  • 1 (Satu) Pos Jaga

D. Sumber Dana

Sumber Dana pembangunan SMK ini diharapkan diperoleh dari :

  1. Swadaya Yayasan dan Donatur/Dermawan.
  2. Permohonan Bantuan Kepada Lembaga Pemerintah dan Swasta.

E. Penutup

Demikian PROFIL kami buat kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk menjelaskan program Pembangunan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo. yang Insya Allah dapat berguna dan menjadikan pahala yang berlipat bagi kita semua.

Untuk mendapatkan Informasi lebih lanjut seputar Pembangunan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo, silahkan menghubungi :

Ismail Ashat, S.IP., (Pengurus Yayasan P.M.),  No.HP : 082189053330

Atau secara langsung dapat menghubungi Sekretariat sementara SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo, dengan alamat:

Jl. Poros Kalukku, Lombang-Lombang, Kel. Sinyonyoi, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju, Silawesi Barat atau melalui email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih atas segala perhatiannya, semoga niat dan apa yang Bapak/Ibu berikan bagi Pembangunan SMK Geologi Pertambangan Yayasan Punggawa Malolo, Mamuju dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

 

Mamuju, 16 Juli 2012

 

 

Yayasan Punggawa Malolo, Mamuju